Loading...

zambia juara piala AFRIKA 2012

No comments


Zambia Juara Lewat Adu Penalti yang Menegangkan

DiBuat Tanggal 13 februari 2012


{foto zambia juara}

sumber-DETIK.COM Pertandingan menarik terjadi di laga puncak Piala Afrika. Setelah bermain 0-0 sampai 120 menit, 18 pemain bertarung atas nama timnya lewat adu penalti. Hasilnya? Zambia keluar sebagai juara.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Stade d'Angondje, Libreville, Gabon, Senin (13/2/2012) dinihari WIB, Pantai Gading yang pernah melaju ke final pada tahun 2006, masuk ke lapangan dengan tekad tidak mau mengulangi kegagalan yang sama. Mereka tidak ingin kekalahan dari Mesir terulang lagi.

Sepanjang 120 menit, dengan mengandalkan Gervinho dan Didier Drogba, serta sokongan dari Yaya Toure dari lini kedua, Pantai Gading tampil menyerang. 

Di babak pertama, Toure sempat mendapatkan peluang bagus ketika dia menerima bola hasil operan tumit dari Drogba. Sial bagi Toure, tendangan kaki kanannya masih melebar di sebelah kiri gawang yang dikawal kiper Kennedy Mweene.

Sementara itu, Drogba mendapatkan peluang yang benar-benar bagus lewat sebuah tendangan penalti di menit ke-70. Namun, tendangan yang dilakukan oleh bomber Chelsea ini melambung. Dari hasil siaran ulang, Drogba tampak "menyalahkan" tanah yang tidak rata sebagai penyebabnya.

Laga kemudian berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-102, Nathan Sinkala mendapatkan peluang bagus. Tetapi, sepakan pemain Zambia tersebut masih melebar. Mweene sendiri sempat melakukan penyelamatan bagus di menit ke-111. Ia menghalau serbuan Gervinho yang ternyata sudah lebih dulu terperangkap offside.

Tak ada gol, pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti. Di sini, ketegangan memuncak sampai-sampai harus melibatkan sembilan pemain dari masing-masing tim untuk melakukan tendangan.

Souleymane Bamba sempat gagal ketika tendangannya ditepis Mweene, namun ternyata tendangannya harus diulang. Pada kesempatan kedua, pemain Pantai Gading ini berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

Petaka untuk Pantai Gading terjadi ketika penendang kedelapan mereka, Kolo Toure, gagal melakukan tugasnya membobol jala Zambia. Sepakannya ditepis oleh Mweene. Namun, Pantai Gading selamat lantaran tendangan Rainford Kalaba dari Zambia juga melambung.

Kegagalan Kolo Toure akhirnya terulang pada Gervinho, yang tendangannya melebar. Kesempatan pun tak disia-siakan Stophira Sunzu yang menjadi penendang terakhir. Tendangan Sunzu masuk dan Zambia pun keluar sebagai juara Piala Afrika 2012 dengan skor 8-7.

Hasil Adu Penalti

Pantai Gading
Cheick Tiote: berhasil
Bony Wilfred: berhasil
Souleymane Bamba: berhasil
Max-Alain Gradel: berhasil
Didier Drogba: berhasil
Siaka Chico Tiene: berhasil
Didier Konan: berhasil
Kolo Toure: gagal --ditepis
Gervinho: gagal --melebar

Zambia
Christopher Katongo: berhasil
Emmanuel Mayuka: berhasil
Isaac Chansa: berhasil
Felix Katongo: berhasil
Kennedy Mweene: berhasil
Nathan Sinkala: berhasil
Chisamba Lungu: berhasil
Rainford Kalaba: gagal --melambung
Stophira Sunzu: berhasil

Susunan Pemain

Zambia: Kennedy Mweene, Joseph Musonda (Nyambe Mulenga 11, Felix Katongo 74), Davis Nkausu, Stophira Sunzu, Hichani Himonde, Isaac Chansa, Rainford Kalaba, Nathan Sinkala, Chisamba Lungu, Christopher Katongo, Emmanuel Mayuka.

Pantai Gading: Boubacar Barry, Kolo Toure, Souleymane Bamba, Siaka Chico Tiene, Yaya Toure (Bony Wilfred 86), Didier Zokora (Didier Konan 75), Cheick Tiote, Jean-Jacques Gosso, Salomon Kalou (Max-Alain Gradel 63), Didier Drogba, Gervinho.

No comments :

Post a Comment

1.Komentarlah Dengan Memakai Account Google dan Open ID
2.Komentarlah Dengan Baik atau Sopan
3.Jangan Kirim SPAM
4.Saya Berterimakasih Telah Berkunjung Kesini dan Anda Pun Begitu Nyaman.
^_^ SALAM KENAL DARI BLOG KHAIRUL ^_^