Contoh Proposal Peluang Usaha Resto Dan Cafe

Khairul Abdal-14 Desember 2012 Selamat Datang Di blog tercinta anda,Blog ini sedang mempunyai artikel yang menarik dan lain lain.kabar anda gimana? pasti sehat kan...

 
PROPOSAL USAHA CAFÉ & RESTO
CAFÉ & RESTO Flash (Hotspot WI-FI) di Bukit Tinggi
DENGAN MENGUTAMAKAN CITA RASA KOPI
Pendahuluan
Latar Belakang
Bidang usaha Café & Resto dengan menu berbahan biji kopi merupakan salah satu bidang usaha yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang di dalam kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Keunikan dari usaha ini juga dapat dijadikan untuk memuaskan konsumen, karena akan menghasilkan image positif yang akan selalu diingat oleh para konsumen. Oleh karena itu, kami akan membantu membangun usaha bisnis ini dengan memiliki ciri khas dari menu-menu yang akan disajikan nanti. Kami akan menginovasikan biji kopi menjadi espresso yang dapat dibuat berbagai variasi untuk menu-menu minumannya, baik yang panas ataupun yang dingin. Sedangkan untuk menu-menu makanannya, diolah oleh seorang koki profesional yang sudah berpengalaman dan tetap pada alur konsep yang sudah di tetapkan, sehingga terciptalah makanan yang enak dan sehat. Jam operasional dari Café & Resto ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB atau dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Bisa didirikan di lidah pasar ataupun diluar Mall sesuai keinginan investor/pemilik modal, dengan desain bangunan yang minimalis tapi suasana nya tetap indah dan nyaman. Investasi yang dibutuhkan untuk membangun Café & Resto ini juga bergantung pada keinginan dari investor/pemilik modal yang akan mendirikannya. Jadi dana dari investor/pemilik modal tersebut akan disesuaikan dan direalisasikan sesuai dengan besar kecilnya dana yang akan kami terima. Modal awal tersebut akan dapat kembali kurang lebih selama 2 tahun dari masa awal beropererasionalnya Café & Resto tersebut. Setelah melewati dari masa 2 tahun pertama, investor/pemilik modal sudah dapat meraup keuntungan dari hasil operasional dan seterusnya.
Tujuan
Tujuan dari bisnis ini adalah selain untuk mencari keuntungan, juga untuk memanfaatkan potensi yang ada. Karena biji kopi yang berkualitas juga banyak terdapat di Negara kita, sehingga produksi dari biji kopi tersedia cukup banyak dan memiliki potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan guna memperoleh nilai ekonomi yang sangat tinggi. Selain itu dengan membuka bisnis ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.
Manfaat
Jangan selalu menganggap kopi sebagai penyebab penyakit. Tanaman yang mengandung kafein ini justru dianggap sebagai tumbuhan yang mengandung antioksidan paling banyak. Selain kafein, kopi juga mengandung vitamin C. Menurut dokter dokter di dunia, antioksidan yang ada pada kopi juga bisa mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes dan stroke. Selain itu kopi juga dapat memperlancar peredaran darah, menghilangkan pusing.
Sebagian dari menu-menu yang akan disajikan antara lain
COFFEE BEVERAGES
  • ESPRESSO
  • CAPPUCCINO
  • KOPI LUWAK ASLI INDONESIA
  • KOPI CAMPUR BUAH-BUAHAN
  • ICE CREAM KOPI
  • Dan Kolaborasi Kopi-kopi dengan makanan kecil
FOOD
  • CLASSIC SNACK
  • SALAD – PAPEDA (makan khas PAPUA) - RENDANG
  • SOUPS – MACAM MACAM SOUPS - SPECIAL SOUP CHEF OF THE DAY
  • BERMACAM-MACAM SATE – AYAM SETAN- INTERMILAN SANDWICHES – MARTABAK MESIR
  • RICE - NASI GORENG IKAN ASIN - NASI UDANG SCHUAN – NASI GORENG ORIGINAL
  • STEAK Dll
ASPEK MANAJEMEN
Dalam sistem managerial, investor/pemilik modal tetap membawahi semua karyawan yang ada. Standart SDM dari Cafe & Resto ini memiliki 23 karyawan, yang terdiri dari [1 Manager, 1 Asisten Manager, 2 kasir, 6 Server, 4 Bar, 8 Kitchen, 1 Accaunting, 1 Purchasing]
Investor/Pemilik modal, diharuskan tetap mengawasi jalannya usaha serta kerja para karyawannya, serta bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha.
Manager, bertugas mengawasi dan membawahi semua divisi yang ada di bawah nya, serta bertangung jawab penuh atas pengelolaan Café & Resto tersebut.
Asisten Manager, harus dapat membekap, membantu dan juga mengerti semua tugas-tugas yang sudah diberikan oleh manager tentang operasional Café & Resto tersebut.
Kasir, bertanggung jawab penuh atas semua hal yang menyangkut masalah biling dan masalah kasir itu sendiri.
Server, diwajibkan mengetahui semua menu yang ada baik beverage ataupun food selain tata cara/performa pada waktu menghadapi customer.
Bar, dapat memahami serta membuat semaksimal mungkin semua menu beverage yang sudah ditetapkan, selain harus menaati aturan-aturan dari management.
Kitchen, harus bisa menguasai semua menu makanan yang sudah ditetapkan, tetapi tidak keluar dari jalur yang ada.
Accounting, bertanggung jawab penuh pada semua masalah keuangan pada perusahaan.
Purchasing, bertanggung jawab penuh pada semua barang yang keluar masuk di dalam gudang.

ASPEK PASAR
Pasar yang dituju
Dalam bisnis ini pasar yang dituju adalah untuk semua kaula muda sampai orang dewasa. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya para pecinta kopi. Penikmat atau penggemar kopi tidak mengenal batasan umur, oleh karena itu usaha Cafe & Resto ini cukup berpotensi untuk dijalankan.
Tingkat persaingan
Persaingan dalam bisnis ini memang cukup banyak, tetapi tidak sebanyak orang yang mulai jadi penikmat ataupun penggemar kopi untuk saat ini. Jadi usaha ini tetap masih bisa diandalkan.
Upaya pemasaran
Untuk upaya pemasaran agar Café & Resto ini banyak pengunjung, maka dilakukanlah suatu upaya pemasaran dengan cara menetapkan harga dari menu-menu yang terjangkau dengan produk makanan ataupun minuman yang berkualitas dan sehat, selain itu juga harus dapat menghasilkan keuntungan yang besar.
Strategi pemasaran
Dalam melancarkan usaha Café &Resto ini, saat grand opening dibutuhkan strategi pemasaran yang cukup bijak, salah satunya adalah dengan membuat promosi paket diskon untuk menu food & beverage nya selama bulan pertama grand opening. Selain itu bisa juga membuat brosur-brosur yang akan disebarkan di daerah sekitar, ataupun lewat media masa untuk mempromosikan usaha tersebut.
Perkiraan hasil jual
Dengan harga yang terjangkau, dari menu-menu yang bervariatif, kita bisa gambarkan untuk harga jual jenis minuman rata-rata sekitar [Rp. 15.000,- sampai Rp. 30.000,-] sedangkan untuk harga jual makanan rata-rata sekitar [Rp. 20.000,- sampai Rp. 60.000,-]. Maka dapat diprediksikan pendapatan per-bulannya kurang lebih sekitar Rp. 100.000.000,- an dengan perkiraan 25 pengunjung per-hari selama 25 hari.
ASPEK PRODUKSI
Bahan baku
Bahan baku yang digunakan dalam bisnis ini adalah biji kopi pilihan berkualitas. Jenis biji kopi yang kami gunakan diantaranya jenis Arabika dan Robusta. Bahan baku tersebut kami peroleh langsung dari pabrik sekaligus distributor nya. Selain kualitas nya bagus lokasi pabrik masih disekitar kota Surabaya, jadi salah satu alasan kami adalah untuk lebih meringankan biaya distribusi bahan baku, sehingga dapat memperkecil pengeluaran.

Proses Alur produksi
Dalam melakukan atau menjalankan usaha ini diperlukan alur produksi yang jelas agar usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Studi kelayakan
Aspek Ekonomi
Sangat berpotensi karena banyaknya biji kopi berkualitas di Indonesia
yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Selain itu kopi juga merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, sehingga bisnis ini dapat menjadikan kuliner bagi wisatawan mancanegara. Oleh karena itu usaha ini sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian.
Aspek Teknis
Dalam aspek ini secara teknis mudah dilakukan karena banyak SDM yang
handal di indonesia dan proses produksi nya pun cukup mudah dibuat.
Aspek Hukum
Dalam aspek hukum sangatlah mendukung karena bangunan
yang digunakan harus dilengkapi dengan IMB. Dan dalam memproduksi makanan/minuman sudah jelas halal, karena semua bahan baik makanan ataupun minuman yang digunakan juga halal.
Aspek Sosial
Dalam bisnis Café & Resto ini tidak mengganggu dalam aspek
Social, karena dalam proses pembuatan makanan dan minuman tidak menimbulkan kebisingan dan pembuangan limbah pun tidak mengotori lingkungan sekitar.
Aspek Pasar
Dalam aspek pasar, kopi sudah banyak disukai orang,
mulai dari kaula muda sampai orang dewasa banyak yang suka kopi, sehingga bisnis ini memiliki aspek pasar yang bagus karena sasarannya untuk semua kalangan. Selain itu hampir semua orang sudah mengetahui manfaat positif dari kopi.

Penutup
Dengan telah membaca proposal saya ini,saya pertama mengucapkan terima kasih dan minta maaf sebesar besarnya,bila ada perkataan yang salah dalam proposal tersebut,maka saya akhiri saja dengan ucapkan Wassalamualaikum.                         (Blog Resmi Khairul https://khairulabdal.blogspot.com)

                                                                             Ujung Gading,13 Desember 2012
TTD

Khairul Abdal


 Senang telah berbagi informasi dan ilmu kepada kawan dan semuanya... Terima kasih telah berkunjung hari ini,untuk membaca sebuah Artikel yang tiada artinya Wassalamualaikum....
Previous
Next Post »

24 komentar

Click here for komentar
writer
admin
Friday, December 28, 2012 at 3:12:00 AM GMT+7 ×

Bagaimana gan? udah kelar proposal nya>>??
salam kenal

beri komentar sobat tanggap atas blog puisi saya

http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

Reply
avatar
Tuesday, September 9, 2014 at 3:19:00 PM GMT+7 ×

selanjutnya bisa dikembangkan dengan promosi online tuh :D

Reply
avatar
kursus blog
admin
Tuesday, September 30, 2014 at 11:31:00 AM GMT+7 ×

salam kenal ya gan, informasinya bagus banget

Reply
avatar
Unknown
admin
Wednesday, October 1, 2014 at 11:11:00 AM GMT+7 × This comment has been removed by the author.
avatar
Rio
admin
Friday, December 12, 2014 at 4:21:00 PM GMT+7 ×

bermanfaat banget gan tulisannya.. joss n lanjutkan gan...

Reply
avatar
Thursday, January 1, 2015 at 4:54:00 AM GMT+7 ×

lengkap banget .. bener-bener JOSS !!

Reply
avatar
Saturday, February 21, 2015 at 8:35:00 PM GMT+7 ×

Sangat membantu dalam referensi pembuatan proposal. Terima Kasih

Reply
avatar
Tuesday, May 19, 2015 at 6:42:00 PM GMT+7 ×

wah lengkap banget infonya, thank you ya salam kenal

Reply
avatar
Monday, December 7, 2015 at 11:37:00 AM GMT+7 ×

terima kasih atas infonya. sangat membantu. salam kenal ya.

Reply
avatar
Sunday, June 26, 2016 at 7:53:00 PM GMT+7 ×

Pasar ini cocok seklai untuk kaum urban dan anak2 muda.

Reply
avatar
joe
admin
Thursday, December 15, 2016 at 10:53:00 AM GMT+7 ×

Wah ini paling cocok masuk dilingkungan kampus, kayak upnormal dll. bisa deh promosi online di digital agency jakarta

Reply
avatar
Noor Cholish
admin
Wednesday, May 19, 2021 at 1:39:00 PM GMT+7 ×

Mantab banget proposalnya. Sangat membantu saya dalam merancang bisnis.

Jasa SEO Murah Jakarta
Jasa Pembuatan Website Murah

Reply
avatar

1.Komentarlah Dengan Memakai Account Google dan Open ID
2.Komentarlah Dengan Baik atau Sopan
3.Jangan Kirim SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
Subscribe Khairulabdal Like alt gambar