Begadang Yang Sehat

Khairul Abdal-Selamat Datang Di blog tercinta anda,Blog ini sedang mempunyai artikel yang menarik dan lain lain.kabar anda gimana? pasti sehat kan...

 Begadang berarti menjaga diri untuk tidak tidur sampai larut malam. Begadang merupakan kebiasaan banyak orang yang sangat sulit dihilangkan, apalagi saat ini aktivitas pekerjaan atau even-even penting justru dilaksanakan pada malam hari. Begadang sudah menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan, sehingga mau tidak mau kita harus begadang. Pada dasarnya, istirahat / tidur paling efektif adalah saat malam hari. Tetapi itu semua bisa berubah dan terbalik apabila keadaan memaksa kita untuk begadang. Sebut saja para artis ibukota, yang bekerja dari pagi sampai pagi, para karyawan, dan juga para workaholic.
Mereka bekerja seperti tidak mengenal waktu dan durasi, sehingga sebagian dari mereka mudah jatuh sakit.


Belum lagi bagi anda para football lovers, yang rela menahan kantuk karena ingin menyaksikan pertandingan-pertandingan sepakbola klub kesayangan anda. Memang kiblat sepakbola saat ini ada di benua eropa yang mana mempunyai waktu yang berbeda dengan indonesia. Jadi tidak jarang pertandingan-pertandingan sepakbola di sana dilakukan pada sore hari tetapi di indonesia jatuh pada malam hari. Kecintaan pada salah satu klub sepakbola bisa jadi memaksa anda untuk begadang.


Nah, bagi anda yang suka dan harus begadang, ikutilah tips-tips begadang yang sehat dari Constiti berikut ini :

1. Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C
Vitamin C yang banyak terkandung dalam buah dan sayuran sangat baik dikonsumsi oleh tubuh, apalagi bagi anda yang suka begadang jangan sampai lupa mengkonsumsi vitamin C. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C adalah mangga, jeruk, pepaya, stroberi, brokoli, kembang kol, kubis, dan masih banyak lagi. Konsumsi vitamin C harus dilakukan setiap hari, karena tubuh manusia tidak bisa menyimpan vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat bagi anda yang sering begadang, karena sebagai antioksidan vitamin C dapat melindungi anda dari segala penyakit. Dengan demikian, konsumsi vitamin C wajib dilakukan setiap hari agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Selain dengan buah dan sayuran anda juga bisa minum suplemen yang mengandung vitamin C.

2. Minum air putih yang cukup
Air putih sangat baik bagi kesehatan manusia, terutama bagi kinerja ginjal. Air putih diibaratkan sebagai pencuci ginjal kita. Oleh karena itu dokter kesehatan menyarankan untuk selalu minum air putih setelah bangun tidur. Saat anda begadang, jangan sampai lupa minum air putih secukupnya dan jangan sampai dehidrasi.

3. Hindari perut kosong
Perut yang kosong apalagi ketika begadang sangat berisiko bagi kesehatan anda. Karena apabila perut dalam keadaan kosong / lapar maka angin akan mudah masuk dan tinggal di dalam perut. Apabila hal ini terjadi maka anda bisa masuk angin dan demam. Saat anda begadang, usahakan perut dalam keadaan terisi / kenyang sebagai sumber tenaga. Anda bisa menyiasatinya dengan membeli roti atau sumber karbohidrat lain untuk bekal begadang anda.

4.  Lakukan stretching dan gerakan olahraga ringan sebelum begadang
Stretching (pemanasan) biasa dilakukan sebelum memulai aktivitas olahraga untuk menstabilkan kekuatan dan menghindari cedera. Dalam begadang, stretching kuga perlu anda lakukan karena ketika begadang biasanya tubuh tidak terlalu banyak bergerak. Streching dapat membuat tubuh anda 20% lebih kuat utamanya untuk ketahanan tubuh. Stretching sebelum begadang yang bisa anda lakukan misalnya menggerak-gerakkan tangan, menggerak-gerakkan kaki, atau lari-lari kecil.

5. Usahakan tidur di siang hari
Tidur di siang hari bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tetap fit dan bugar. Selain itu, apabila anda tidur siang maka akan dapat menambah tenaga untuk begadang di malam hari dan juga untuk mengganti waktu tidur anda yang sedikit. Tidur siang yang berkualitas mampu mengganti tidur malam adalah selama 20-30 menit.

6. Jangan begadang setiap hari
Begadang setiap hari akan membuat tubuh anda menjadi lemah dan rentan terhadap penyakit. Hal ini dikarenakan, tidur di malam hari adalah tidur yang paling berkualitas dan sangat dianjurkan. Tidur di malam hari dalam keadaan gelap dapat memperlancar elemen milatonim yang berasal dari kelenjar prostata. Untuk itu anda sebaiknya tidak begadang setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh. Buatlah schedule begadang maksimal 2-3 hari dalam satu minggu. Meskipun demikian, dianjurkan untuk tidak begadang kecuali ada pekerjaan atau kepentingan yang mendesak.

 Senang telah berbagi informasi dan ilmu kepada kawan dan semuanya... Terima kasih telah berkunjung hari ini,untuk membaca sebuah Artikel yang tiada artinya Wassalamualaikum....
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar

1.Komentarlah Dengan Memakai Account Google dan Open ID
2.Komentarlah Dengan Baik atau Sopan
3.Jangan Kirim SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
Subscribe Khairulabdal Like alt gambar