Kesehatan Buat Kuku

KHAIRULABDAL.BLOGSPOT.COM

di buat tanggal 7 februari 2012
 coba ingat, apakah setelah bermain, melakukan kegiatan dan memegang uang, bola, kelereng kamu selalu mencuci tangan? Mungkin kamu lupa atau malas melakukannya trus kamu langsung aja memegang makanan.

Kamu perlu tahu, kuman atau bakteri mudah menempel pada tangan yang kotor (tidak dicuci) sehingga makanan yang kamu pegang bisa ikut terkena kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut. 


berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan:

1.Kuku Pendek dan Bersih
Kuku yang panjang dan kotor bisa menjadi tempat bersarangnya kuman penyakit dan telur cacing. Maka, kamu harus menjaga kuku selalu pendek dan bersih.


2.Cuci Tangan
Cara cuci tangan yang baik adalah dengan menggunakan sabun dan air bersih mengalir karena kuman mudah menempel di kedua telapak tangan, terutama di bawah kuku jari.

  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sesudah melakukan kegiatan (berolah raga, memegang uang, memegang binatang, berkebun, dll) dan memegang sarana umum (seperti pegangan bis, gagang pintu, dll).
  • Sesudah buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK).
3.Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK) Menggunakan Jamban (WC) Sehat
Satu lagi yang nggak kalah penting nih, kalo kamu buang air besar atau buang air kecil harus di jamban sehat ya… kenapa?

Dengan buang air besar dan air kecil di jamban, kamu tidak mencemari lingkungan dan bisa menjaga lingkungan tetap bersih, sehat dan tidak berbau. Lingkungan yang tidak bersih dan bau bisa mendatangkan lalat atau serangga yang membawa kuman penyebab diare, tifus (seringkali disebut tifes) juga cacingan. Tentunya kamu nggak mau sakit kan

4.Membuang Sampah Pada Tempat Sampah
Kuman penyebab penyakit diare, tifus, dan cacingan, senang sekali hidup pada tempat yang kotor. Agar lingkungan bersih, sehat, dan indah, kamu harus selalu buang sampah pada tempat sampah yang tertutup.

Tempat sampah yang baik adalah tempat sampah yang tertutup.

Memeriksa Jentik-Jentik
Jentik-jentik asalnya dari telur nyamuk yang bisa menularkan penyakit seperti demam berdarah dengue . malaria, kaki gajah, dan chikungunya. Maka dari itu, perhatikan lingkunganmu dan selalu periksa apakah ada jentik atau tidak agar kamu terhindar dari penyakit DBD.
  
Kamu pasti suka jajan kan? Tidak semua makanan yang warna dan penampilan menarik serta enak itu sehat lho.... makanya jajanlah di kantin sehat sekolah.

Pesan utama:
  • Pilihlah makanan yang terbungkus atau diletakkan di tempat tertutup, sehingga bebas dari debu, lalat, kecoa dan tikus serta kuman penyebab penyakit diare, tifus, hepatitis, dll.
  • Pilihlah makanan yang tidak mengandung pengawet, pewarna, penyedap dan pemanis buatan agar terhindar dari bahaya keracunan bahan-bahan kimia.

 
 
Previous
Next Post »

1.Komentarlah Dengan Memakai Account Google dan Open ID
2.Komentarlah Dengan Baik atau Sopan
3.Jangan Kirim SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
Subscribe Khairulabdal Like alt gambar