Saya Ingin Menulis Tapi Malas


Balik lagi nulis sudah berapa lama saya tinggalkan blog saya ini sekitar setahun, padahal waktu saya banyak sekali terbuang sia sia dan sangat tidak saya manfaatkan untuk menulis di blog. Jadi di sini saya akan beri tips buat kalian untuk bisa menulis di blog, mari ikuti langkah ini :

1. Tidak perlu terikat dengan aturan baku ketika pertama kali memulai tulisan. Tulis apa saja yang tersirat di kepala, perkara susunannya itu belakangan. Banyak para penulis profesional yang suka menulis artikel, essay, buku atau novel menempatkan tulisan yg muncul pertama kali dalam pikiran bukan di bab pertama, melainkan bab kesekian. Menyusun adalah pekerjaan nanti, yang penting tulis dulu apa yang tersirat.

2. Tulislah sesuatu yang sudah kita kuasai. Ibarat kita bercerita, orang yg tidak pandai mengarang cerita akan belepotan dalam menceritakan kebohongannya, namun beda jika dia bercerita tentang hal yang pernah dialami. Pilihlah topik yang benar-benar kita pahami, meskipun itu tentang bagaimana merawat seekor kucing.

3. Karya tulis adalah sebuah cerita yang berbentuk tulisan. Sehingga mengalir saja dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca (jika kita mau karya tulis kita dibaca orang lain). Tidak perlu berpikir terlalu tinggi, jika nanti tulisan kita malah tidak dimengerti oleh para pembaca. Bila perlu berikan contoh dan penggambaran.

4. Gunakan bahasa dan tulisan yang umum, jangan karena ingin terlihat gaul dan tampil beda kita malah memakai bahasa dan tulisan "Alay" seperti kebanyakan remaja menulis ID atau statusnya di facebook. Contohnya: "Ako3 ad4laH se0raNg g4dIs des4 iang s3d3rh4n4...". Ingat bahwa pembaca kita adalah majemuk yang berasal dari berbagai kalangan, terkecuali jika kita menulis khusus untuk komunitas alay.

5. Jangan mencoba menjadi sempurna dulu. Hanya karena kita ingin bercerita secara detail untuk menggambarkan sesuatu tempat, kita menuliskannya sampai dua (2) lembar. Rincian cerita memang harus terlihat akurat, tapi tidak perlu terlalu panjang lebar dan bertele-tele yang membuat orang yang membacanya menjadi bosan.

6. Tidak usah memaksakan diri untuk menyelesaikan tulisan dalam waktu semalam. Karena kita tidak sedang mengerjakan soal Unas atau ujian yang harus selesai beberapa jam. Kita akan membuat cerita dalam bentuk tulisan yang bagus, mudah dimengerti dan orang menjadi suka. Tulisan pertama kali itu biasanya menjadi kerangka, kita masih harus menyusun dan mengedit apakah ada susunan atau tulisan yang salah. Jika merasa "stag", berhenti saja dulu untuk istirahat agar otak kita kembali segar.

7. Bawalah selalu catatan dimanapun kita berada. Sebuah ide bisa muncul kapan saja dan dimana saja, itu bisa menjadi bahan untuk memperkaya tulisan kita. Jangan mengandalkan otak kita yang terkenal mudah lupa ini. Untuk itu belajarlah mencatat jika ada ide menarik yang muncul dan kita akan merangkainya nanti ketika sedang menulis.

Dikutip dari : Klik
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
softtrending
admin
Monday, September 13, 2021 at 2:44:00 PM GMT+7 ×

Sorry for the huge review, but Im really loving the new Zune, and hope this, as well as the excellent reviews some other people have written, will help you decide if its the right choice for you.
My good friend and I were just talking about this particular subject, jane is always wanting to prove me wrong! I am going to present her this particular write-up and additionally rub it in a little!


TOP Google Ranking On Your Site

Congrats bro softtrending you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

1.Komentarlah Dengan Memakai Account Google dan Open ID
2.Komentarlah Dengan Baik atau Sopan
3.Jangan Kirim SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
Subscribe Khairulabdal Like alt gambar