Kenapa Mesti Insomnia?

Apakah Definisi dari INSOMNIA?
Insomnia adalah suatu gangguan berupa kesulitan untuk tidur, atau bertahan tidur, atau tidur dengan nyenyak. Dampaknya adalah distress (stres yang mengganggu) yang pada keesokan harinya bermanifestasi sebagai rasa lemas, lesu, menurunnya kemampuan berpikir, serta menjadi mudah tersinggung.Saya juga sebagai admin juga terjangkit penyakit satu ini,haha,kebiasaan publis ditengah malam.



Insomnia sendiri didefinisikan sebagai suatu persepsi dimana seseorang merasa tidak cukup tidur atau merasakan kualitas tidur yang buruk walaupun orang tersebut sebenarnya memiliki kesempatan tidur yang cukup, sehingga mengakibatkan perasaan yang tidak bugar sewaktu atau setelah terbangun dari tidur。

Penderita insomnia berbeda dengan orang yang memang waktu tidurnya pendek (short sleepers), dimana pada short sleepers meskipun waktu tidur mereka pendek, mereka tetap merasa bugar sewaktu bangun tidur, berfungsi secara normal di siang hari, dan mereka tidak mengeluh tentang tidur mereka di malam hari

Insomnia dapat juga merupakan gejala pelbagai penyakit fisik maupun mental, dapat pula merupakan penyakit tersendiri. Dalam penggolongan diagnosis penyakit, insomnia dapat merupakan suatu gangguan pada fungsi atau organ tubuh yang lain, misalnya jantung, paru-paru, pencernaan , saraf, tulang dan otot, endokrin, serta kanker.

Disamping itu, insomnia sering diakibatkan oleh penggunaan zat atau obat tertentu seperti kopi, alkohol, obat-obat lain seperti antidepresi, dan lain-lain. Insomnia dapat juga merupakan gejala pelbagai gangguan jiwa dari yang ringan hingga berat, misalnya keadaan berkabung (antara lain kehilangan orang yang dicintai, perceraian, kehilangan pekerjaan), depresi, camas, mapun psikosis (gangguan jiwa yang penderitanya sulit membedakan realitas dan khayalan). Selain itu, penyakit insomnia lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. “ Memang wanita lebih rentan terserang insomnia karena berhubungan dengan siklus menstruasinya. Biasanya dalam 2-3 hari di setiap siklusnya, seorang wanita menderita kembung dan nyeri. Dan hal itu sangat berpengaruh terhadap kondisi psikis seorang wanita sehingga menyebabkan yang bersangkutan mengalami insomnia. Di samping itu juga selama menstruasi, peningkatan kadar progesteroin menyebabkan rasa lelah ada awal siklus, “ katanya.

Insomnia ada tiga (3) jenis:
1.     Jenis transient (artinya cepat berlalu), oleh karena itu insomnia jenis ini hanya   terjadi beberapa malam saja.
2.    Jenis Jangka pendek. Jenis dapat berlangsung sampai beberapa minggu dan biasanya akan kembali seperti biasa.
3.    Jenis kronis (atau parah) gangguan tidak dapat tidur berlangsung le bih dari 3 minggu.

Apakah yang penyebab dari INSOMNIA?
Penyebab utama dari insomnia adalah factor psikologis berupa stress dan depresi. Pada saat anda ingin tidur di malam hari, pikiran anda selalu aktif memikirkan masalah-masalah yang ada dalam pikiran anda sehingga anda sulit untuk menghilangkan kesadaran anda dan masuk ke kondisi tidur. Anda bisa masuk ke kondisi tidur jika anda bisa mengistirahatkan fisik dan pikiran anda. Tapi karena pikiran aktif terus, makanya anda sulit untuk masuk ke dalam kondisi tidur.

Stress yang berkepanjangan bisa menyebabkan insomnia kronis dan berita-berita buruk, gagal dalam rencana bisa menyebabkan insomnia transient.

Depresi yang paling sering ditemukan. Anda  bangun lebih pagi dari biasanya yang tidak anda ingini, adalah gejala paling umum dari awal depresi , Cemas ,Neorosa, dan gangguan psikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.
Ada juga beberapa penyebab lain dari insomnia, yaitu :
·         Sakit Fisik
Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat merupakan penyebab gangguan tidur.Selama penyebab fisik atau sakit fisik tersebut belum dapat di tanggulangi dengan baik ,gangguan tidur atau sulit tidur akan dapat tetap dapat terjadi.

·         Faktor Lingkungan
Lingkungan yang bising seperti lingkungan lintasan pesawat jet, lintasan kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.

·         Gaya hidup
Alkohol , rokok, kopi, obat penurun berat badan, jam kerja yang tidak teratur, juga dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur.

Dikutip : Klik
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Sunday, June 26, 2016 at 10:17:00 PM GMT+7 ×

Coba baca buku yang tebal (tidak suka), biasanya ngantuk.

Congrats bro Manfaatbuahan.com you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

1.Komentarlah Dengan Memakai Account Google dan Open ID
2.Komentarlah Dengan Baik atau Sopan
3.Jangan Kirim SPAM ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
Subscribe Khairulabdal Like alt gambar